FA Cup final 1990

Arsenal mengontrak Ian Wright dari Crystal Palace seharga £2,5 juta

Arsenal membuat sesuatu yang mengejutkan ketika mereka mengontrak Ian Wright dari Crystal Palace dengan biaya rekor klub sebesar £2,5 juta pada 24 September 1991.

Sementara Wright telah membuktikan dirinya sebagai pencetak gol reguler dalam dua musim penuhnya di Divisi Pertama, kepala menoleh pada ukuran biaya untuk seorang pemain hanya beberapa minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-28.

Pada saat itu, keraguan diungkapkan tentang kebijaksanaan membayar begitu banyak untuk pemain yang telah menghabiskan enam musim di Selhurst Park setelah datang ke sepak bola profesional relatif terlambat.

Wright telah menandatangani formulir profesional pertamanya pada usia 22 setelah terlihat bermain di non-liga lokal untuk Greenwich Borough, sebelum mencetak 117 gol untuk Palace.

Tapi dampak Wright di Arsenal langsung dengan George Graham mengatakan dalam otobiografinya: “Ian menerangi lapangan dan ruang ganti dengan listrik dari penampilan dan kepribadiannya.”

Final Piala FA 1990

Kurang dari seminggu setelah transfernya, ia mencetak gol pertamanya untuk Arsenal dalam pertandingan Piala Liga melawan Leicester.

Dan pada 28 September, ia menandai pertandingan liga pertamanya untuk The Gunners dengan hat-trick dalam kemenangan tandang 4-0 di Southampton.

Wright menyelesaikan musim sebagai pencetak gol terbanyak Divisi Pertama, mengalahkan Gary Lineker untuk Sepatu Emas pada hari terakhir musim dengan hat-trick lain melawan Southampton.

Selama waktunya dengan klub London Utara, Wright akan menjadi pencetak gol terbanyak klub selama enam musim berturut-turut sementara juga memenangkan dua Piala FA, Piala Liga, Piala Eropa-Pemenang Piala dan gelar Liga Premier pada tahun 1998.

Dia akan melanjutkan untuk menyalip 178 gol Cliff Bastin dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Arsenal dengan 185 pada tahun 1998 – sampai satu Thierry Henry muncul.

“Saat itu, itu adalah biaya transfer yang sangat tinggi untuk dibayar,” Gav dari She Wore a Yellow Ribbon memberi tahu Fansbet.

“Kami diberkati di depan dengan orang-orang seperti Alan Smith, Kevin Campbell, Niall Quinn, dll; jadi agak membingungkan bahwa kami menghabiskan banyak uang untuk posisi yang tidak terlalu kami khawatirkan.

“Saya hanya pernah menonton Arsenal dan dia tidak pernah melakukan kerusakan terhadap kami di masa lalu, jadi dia bukan seseorang di sana sebagai striker kelas atas.

“Dia mendapat kesempatan di Leicester. Dia tidak seharusnya bermain dengan semua akun, hanya karena cedera dia memulai permainan, tetapi dia mengambil kesempatan dan terbang dari sana.”

Gav mengingat debut liga yang disebutkan di atas dan hat-trick melawan Southampton sebagai memori favoritnya Ian Wright.

“Sangat sulit untuk memecah gol yang dia cetak untuk menjadi favorit, tetapi gol yang dicetak saat tandang di Southampton saat dia bermain dengannya. [David] Kastil.

“Saya ada di sana hari itu dan itu benar-benar buruk di akhir pertandingan, jadi itu harus menjadi favorit saya.”

“Saya kira dia adalah favorit di antara penggemar karena Anda bisa melihat apa artinya itu baginya,” tambah Gav.

“Dia datang ke permainan terlambat sebagai pemain dan datang kepada kami terlambat, dan dia bertarung, dia bertarung dan dia adalah pemain yang sangat berhati-hati – sesuatu yang hampir hilang dalam permainan hari ini.

“Aku akan mencintainya sekarang. Arsenal bisa melakukannya dengan pemain seperti Wrighty di depan saat ini. Kami membutuhkan seseorang yang tidak keberatan mengejar, dia selalu mengikuti, dia selalu berlari mengejar kiper dan mendapatkan rebound.

“Tetapi pada saat yang sama, dia benar-benar mencetak beberapa gol yang benar-benar indah dari tepi kotak dan juga di luar kotak, jadi dia mungkin lebih baik daripada apa yang kita dapatkan saat ini.

“Wrighty sebenarnya sangat tidak beruntung karena kami telah menunggu lebih dari 40 tahun bagi seseorang untuk memecahkan rekor gol Cliff Baston untuk Arsenal, kemudian Wrighty melakukannya dan kemudian dalam waktu kurang dari 10 tahun rekor itu dipecahkan lagi oleh Thiery Henry.

“Tetapi di antara penggemar Arsenal, dia ada di sana bersama Henry, Bergkamp, ​​dan Tony Adams dalam hal pemain paling populer.”

Mengikuti Matthewjcrist di Twitter